4 Makanan Khas Pati yang Terkenal Lezat & Wajib Dicoba

Makanan khas Pati selalu menjadi incaran wisatawan yang berkunjung karena cita rasa dan keunikannya. Daerah Jawa Tengah ini menyajikan berbagai jenis kuliner, mulai dari makanan berat, jajanan, hingga oleh-oleh yang bisa dibawa pulang. Setiap rasa selalu dirindukan bagi yang sudah menggunakannya.

Bukan bahannya yang membuat setiap makanan olahan di sana enak, tapi dari bumbu dan rempah yang digunakan. Pati merupakan salah satu daerah yang penduduknya berprofesi sebagai petani. Perkebunan merupakan tanaman terbesar di daerah yang memiliki motto Pati Bumi Mina Tani. Apa saja kuliner dan oleh-oleh khas di daerah ini?

Makanan Khas Pati yang Terkenal

1. Sayur Tempe Pedas

Dari namanya sudah jelas bahwa makanan ini memiliki rasa yang pedas. Bagi pecinta rasa ini termotivasi bila berkunjung ke Pati. Mungkin tidak ditemukan di tempat lain karena bahan https://readindonesiaonline.com/ yang digunakan unik. Sayur Tempe Pedas memang terbuat dari bahan utama berupa tempe, namun bukan tempe yang enak.

Bahan tempe yang digunakan adalah tempe busuk atau yang dikenal dengan spirit. Sebenarnya bukan busuk yang berbahaya bagi kesehatan, melainkan karena proses fermentasi yang terlalu lama. Jenis tempe ini uniknya berbahaya, hanya saja memberikan rasa yang berbeda dan mirip dengan tempe biasa.

2. Geser Kerang

Makanan olahan bernama Swike ini identik dengan bahan utama kata tersebut. Namun tidak demikian jika Anda menemukannya di Pati. Bahan utama untuk membuat masakan ini adalah kerang. Sedangkan untuk jenis cangkang yang tidak terbatas banyak dijumpai menggunakan cangkang yang cangkangnya kasar dan belang.

3. Kerupuk Daging Spesial Tepung

Oleh-oleh khas Pati yang wajib jadi incaran utama adalah Kerupuk Daging. Dikatakan cocok sebagai oleh-oleh karena makanan ini tahan hingga berminggu-minggu. Bukan tanpa alasan, hal ini karena daging diproses dengan menghilangkan kandungan airnya terlebih dahulu. Seperti halnya kerupuk tentunya memiliki tekstur yang renyah dengan rasa yang gurih.

4. Kelo Mrico Khas Pati

Kelo Mrico adalah salah satu signature dish Pat dengan rasa pedas. Sesuai dengan namanya, bahan utama untuk membuat hidangan ini adalah merica atau dalam bahasa lokal disebut Mrico. Pasti kalian sudah tahu kalau bumbu dapur yang satu ini memiliki rasa yang pedas dan pedas di lidah.

Selain pedas, rasa yang didapatkan dari setiap sendok Kelo Mrico adalah asam. Hal ini dikarenakan penggunaan tomat hijau sebagai pelengkap. Rasa pedas dengan penggunaan cabai https://ayokesekolah.com/ rawit yang dihaluskan dan cabai merah iris kecil. Makanan berkuah ini menggunakan bahan isian dari jenis ikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *